Umroh bersama anak

Peta grafik dunia
Tips Umroh Bersama Toodler

Assalamualaikum, halo bunda apakah dalam waktu dekat ini anda sedang mempersiapkan diri untuk berangkat umroh dengan si kecil? atau masih bimbang membawa sikecil atau tidak ? kali ini saya akan membagikan pengalaman saya pergi umroh bersama suami dan anak saya yang usianya masih 20 bulan ditahun 2018 ,yap toodler !
terbayang akan seperti apa ?
apakah fikiran bunda yang pertama kali muncul, atau desas desus yang beredar di keluarga, kerabat jika membawa buah hati anda ikut ibadah di tanah suci ?
repot?
tidak bisa ibadah?
nanti takut sakit?
Biasanya banyak dari keluarga menyarakan tidak usah dibawa karena alasan yang tadi, mereka khawatir karena sayang kepada kita, membawa anak tentu banyak resikonya. Namun, kembali lagi kepada perasaan ibu dari anak tersebut. Menurut pengalaman saya pribadi, saya memutuskan untuk dibawa umroh karena,  

  • anak masih berumur 20 bulan, ASI esklusif
Saya berniat untuk terus menyusui selama 2 tahun, dan biasanya jika tidak disusui sehari saja badan saya meriang panas dingin dan rasanya tidak enak sekali, takut disana malah tidak bisa ibadah, walaupun ada pompa tapi saya selama ini tidak pernah menyetok asip
  • Mengurus anak sendiri tanpa dibantu pengasuh maupun orangtua
Sejak awal lahir saya mengurus anak saya dengan tangan saya sendiri dan suami tentunya, mertua saya rumahnya  jauh dan jarang bertemu dengan anak saya, orangtua saya tinggal di bogor sedangkan saya di Gersik, sehari hari saya memang ingin menjadi pengasuh utama selagi saya sehat dan mampu, karena ini adalah tanggung jawab saya yang nanti saya laporkan pada Allah SWT, jadi harus saya jaga dan didik sebaik mungkin, oleh sebab itu kelekatan pada pengasuh utama sangat kuat, jadi anak saya  perlu latihan 1 bulan sebelumnya, untuk membangun kedekatan pada neneknya, pola makan dan jadwal sehari hari dia, dan menurut saya lebih menguras energi dibanding dibawa dan diasuh oleh saya sendiri.

  • Ingin beribadah bersama keluarga kecil, mengenalkan Anak pada yang menciptakannya, mengunjungi tempat yang berbeda, memperlihatkan ragam budaya dan pengalaman sensori yang baru, hal tersebut tentu berpengaruh pada perkembangan anak itu sendiri. contoh, anak saya suka sekali dengan pesawat,  unta dan burung burung, selama ia belum memegang dan naik pesawat tentu kurang afdol bukan? disana ia dapat melihat unta langsung, memberi makan burung burung, tentu menyenangkan!

  • Belajar bersosialisasi bersama orang orang dan lingkungan sekitar

  • Ingat mengasuh anak juga ibadah, jadi kalo sambil ibadah yang lain misalnya umroh, insyallah pahalanya ditambah, jangan ragu jika memutuskan membawa anak, kita harus siapkan diri kita emosi dan berhati hati terdahap ucapan kata kata, karena itu adalah doa. Harus selalu semangat dan berusaha agar ibadah dan perjalanannya lancar.

hal diatas ialah pertimbangan saya pribadi, namun jika anda tidak masalah pada ketiga hal diatas, misal anak sudah biasa dititipin, sudah dekat dengan neneknya dan tidak ada masalah yang membuat bunda khawatir, tentu semua pilihan kembali pada bunda.
Persiapan yang perlu bunda ambil jika akan membawa anak adalah,
  1. Siapkan mental fisik dan berdoa setiap waktu
  2. Siapkan passport anak anda
  3. Ceritakan anak anda terkait   perjalanan umroh agar mereka antusias dan tidak kaget
  4. Vaksinasi orangtua dan anak anda jika sudah diatas 2 tahun
  5. Jika punya rezeki yang berlebih sebaiknya memesan hotel bintang 5 atau 4 agar tidak terlalu jauh dengan masjid, memudahkan kita beribadah dengan membawa anak.
  6. Disiplin dalam segala hal, biasanya rombongan akan sedikit terganggu jika ada yg bawa anak kecil, kita sebagai orangtua harus disiplin walaupun membawa anak kita bisa tepat waktu dan tidak merepotkan orang lain. Sehingga mereka lebih respect.
  7. Pastikan penerbangan malam hari agar anak istirahat, lebih baik pilih penerbangan langsung ke madinah dan pastikan anak dapat tempat duduk karena anak saya beratnya 12 kg jadi kalau dipangku tidak nyaman, usahakan memesan tempat duduk di belakang bisnis dan dekat toilet agar memudahkan jika harus mengganti popok. Jika tidak dapat tempat duduk karena dibawah 2 tahun, bisa pesan bassinet secara gratis , pemesanan bisa minta tolong pengurus travel. Gambar bassinet seperti ini.




  1. List barang bawaan di kabin :
    • tas ransel bayi  multifingsi dapat dipesan di lazada
  • Gendongan sling untuk menyusui lebih mudah dibawa sekaligus untuk selimut di pesawat.
  • Minyak telon
  • Transpulmin (salep untuk pilek)
  • Pure kids ( minyak tetes)
  • Pempers
  • Baju ganti anak 1
  • Celana ganti anak 1
  • Tisu basah
  • Tisu kering
  • Tempat minum
  • Susu (air panas bisa minta ke pramugari)
  • Biskuit
  • Keju belcube
  • Buku stiker
  • Mainan kecil
  • Cemilan
  • Kaus kaki
  • Jaket
  • Id card
  • Uang cash real
  • Plastik sampah
  • Tas kecil untuk keperluan orangtua : dompet, hp, passport

  1. List barang bawaan di bagasi.saya hanya membawa 2 koper. 1 koper berisi kebutuhan orangtua satu lagi untuk kebutuhan anak. Banyak dikosongkan untuk oleh oleh :) air zam zam
    • Obat obatan
    • Plastik
    • Alat mandi
    • Baju ganti orangtua (perhatikan musim dan cuaca jika sedang musim dingin tidak usah bawa banyak cukup 8 pasang saja untuk 9 hari)
    • Baju ganti anak
    • Pempers
    • Gunting kuku
    • Susu bubuk
    • Sepatu
    • Sendal
    • Powerbank
    • Celana kain yg ringan untuk bapak agar koper tidak berat.
    • Jaket
    • Alat solat
    • Masker
    • Kacamata hitam
    • Sajadah lipat yang kecil
    • Tali bayi agar tidak hilang jika sedang ramai. Bisa dibeli di lazada
    • Kain ihrom anak uang dijait agar nyaman dipakai anak
    • Kain ihrom bapak
    • daleman kerudung
    • Underware
    • Tas kecil
    • Makanan ringan secukupnya

  1. Stroller lipat pockit bisa disewa 200 ribu perbulan. Dapat dibawa kekabin dengan tas gendongan khusus. (berguna untuk menunggu imigrasi yang sangat lama, jalan ke masjid, dan sai
  2. Sabuk
  3. P3K
  4. Pelembab muka yang bagus merek cetaphil bisa dibeli di apotek sana.harganya lumayan mahal 80 real
  1. Gendongan ergo baby



Bagaimana ibdah disana ?
  • Sesampainya disana biarkan anak istrahat dulu, jika bapak ingin ke mesjid silahkan, ibunya yang mengalah dulu.  Karena yang mengasuh hanya ibu bapa. Jadi diperlukan kerjasama tim yang hebat.
  • Jika mau kemesjid usahakan anak sudah makan, 1 jam sebelum azan sudah jalan menuju mesjid agar dapat tempat solat yang nyaman dan aman, hindari orang orang yang batuk usahakan dekat anak kecil sebayanya agar kika kita sholat anak tetap diam karena ada temannya.
  • Bawa mainan kesukaan cemilan, minum, gendongan di satu tas kecil.
  • Jika menangis gendong dan susui
  • Jika anak masih tidur jam indonesia, perbedaan waktu saudi indonesia adalah 4 jam. Maka ibu yang harus mengalah, anak saya setiap hari bangun jam 2 pagi waktu sana. Jadi saya harus ikut bangun siapkan makan dan harus menyuapi makanan, memandikan lalu ajak bermain (tahajud di mesjid dan thawaf)
  • Jangan paksa anak anda jika kondisi badan sedang kecapean, istrahat dihotel seharian tidak usah kemana mana kecuali ke masjid. agar kondisi cepat pulih. Contohnya saya harus izin ziarah ke arafah dll. Karena harus menemani anak saya, agar sewaktu ibadah nanti lebih baik.
  • Konsumsi vitamin setiap hari, pijat dan ibu harus selalu semangat.
  • Cari waktu yang longgar jika ingin ke raudoh dan hijir ismail saya bisa membawa anak saya tapi dengan syarat tidak menzolimi anak ya, harus waktu yg pas.
  • Berdoa terus menerus minta kelancaran.
  • jika pergi ke madinah mekah minta kursi paling belakang agar ibu bapa anak bisa duduk bersama selain itu space nya lebih luas untuk anak bermain.
  • Jika thawaaf pakai gendongan ergo baby
  • Stroller tidak boleh masuk masjid, disana dissiapi kursi roda. namun saya menyiasati membawa pockit yg bisa masuk ransel sehingga tidak kelihatan, setelah sai dimulai saya keluarkan dan alhamdulillah tidak masalah . Rezeki anak saya :)
  • Setiap masjid laki perempuan dipisah, selama disana anak saya ikut dengan saya karena masih asi. Bapaknya bisa leluasa ya πŸ‘ΌπŸ‘Ό
  • Tidak usah membawa belanjaan terlalu banyak, ringkas saja karena niat kita ibadah bukan belanja.
  • Jaman sekarang sosial media. Tidak harus dipost di ig, masalah ibadah hanya kita dan tuhan yang tau. (pesan suami)
  • Makanan anak selama disana bisa disesuaikan, saya biasanya bawa banyak makanan dikamar, karena jam makan anak kadang berbeda dengan dewasa, jika anak lapar kita tidak kehabisan stok makanan :) disana juga ada berbagai macam makanan yg tidak asing dilidah kita.
  • Gunakan bahasa inggris jika tidak bisa bahasa arab, kalau tidak ya indonesia saja. Toh disana merek bisa berbicara bhs indonesia .kalau belanja harus nawar ya ! Lebih baik belanja di mall bawah hotel zam zam  mekah :)


Semoga postingan ini berguna bagi keluarga kecil yang ingin pergi umroh. Semoga lancar selamat dan sehat.

Wassalamualaikum wr. Wb




πŸ™…πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™…

Maaf ya posting disini



Postingan populer dari blog ini

TAMAN KELINCI