TAMAN KELINCI






Alhamdulillah dipenghujung 2017 desain taman kelinci saya sudah bisa dibangun walaupun masih 60 %, taman ini dibuat untuk melatih fisik motorik kasar dan halus anak saya, sebenernya halaman saya lumayan luas 1 tapi saya inventarisasi dan analisis yang sesuai ya hanya sekitar 29 m2 untuk taman kelinci. Desain yang saya buat jauh seperti realita, ya kadang berbenturan dengan anggaran, tapi gamasalah karena klien kita maish 18 bulan, hihi. dia asyik sekali bermain bersama kelincinya.

berikut laporan anggaran biayanya, siapa tahu ada yang mau buat juga.

  • tanah taman : saya memesan di florist cerme, daerah sma 1 cerme gersik ya, harga per kol nya 350.000 saya pesan 4 kol karena tanah disini bekas urukan kapur, jadi agak tebal ya sekitar 10 cm.
  •  Pager bambu : saya butuh 2 ikat paket bambu,harga perpaknya 75000 dan dikerjakan oleh tukang, tingginya bisa disesuaikan kebutuhan, kalau yang saya pakai ini tingginya 60 cm.
  • kawat loket : kawat ayam ini dipasang mengitari pagar, agar kelinci tidak kabur ya, harga permeternya 11000.
  • rumput gajah mini : harga permeter 40.000 saya pesan 20 m, kebanyakan sekali, karena suami saya minta cepet jadi seperti taman, padahal harusnya 15 m aja cukup untuk luas sekitar 29m2 karena cara penanamannya ada jarak kira kira 7 cm.
  • biaya tukang : 1 hari 100 ribu ya :)
  • kandang kelinci harus hangat, dibawahnya dikasih pasir lalu atasnya ditutup seng gelombang, ukuran kandang tidak usah terlalu besar. 
  • Bukit kelinci : tempat bermain kelinci seperti bukit kecil lalu didalamnya saya pasang pipa ukuran 5'' da dipasang penyambung T, sehingga seperti lubang kelinci, agar dia bisa bermain bersembunyi.
  • Tanaman hias, ( belum ada anggarannya )



Bulan desember ini agenda pendidikan dirumah saya ialah melatih kemandirian anak untuk merawat binatang, menyiram tanaman dan menjaga keselamatan diri sendiri pada saat bermain, kita sebagai orangtua berusaha memfasilitasi dan memberikan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak dengan baik.

ibusayang
iip
ibuprofesional
melatihkemandirian





Postingan populer dari blog ini